Selasa, 08 Juli 2014



ULAMA DUNIA:Dosa-dosa Besar.
٥٥ـ ﺣﺪﻳﺙﺃﻧﺱﺭﺿﻲﺍﷲﻋﻧﻪﻗﺎﻞﺳﺋﻞﺭﺳﻭﻝﺍﷲﺻﻟﻰﺍﷲﻋﻟﻳﻪﻮﺳﻟﻡﻋﻦﺍﻟﻛﺑﺎﺌﺭﻗﺎﻝ׃
ﺍﻻﺷﺭﺍﻙﺑﺎﺍﷲﻭﻋﻘﻭﻕ ﺍﻠﻮﺍﻟﺪﻳﻥﻭﻗﺗﻝﺍﻟﻧﻔﺱﻭﺷﻬﺎﺪﺓﺍﻟﺯﻭﺮ.
ﺍﺨﺭﺠﻪﺍﻟﺑﺨﺎﺭﻯﻓﻰ׃ ٥٢ ـ ﮐﺘﺎﺏﺍﻟﺷﻬﺎﺪﺍﺕ׃١٠ ـ ﺑﺎﺐﻣﺎﻗﻳﻝﻓﻰﺷﻬﺎﺪﺓﺍﻟﺯﻭﺭ.
Artinya:
Hadits Anas ra. Dimana ia berkata: “Rasulullah saw. ditanya tentang dosa-dosa besar, kemudian beliau menjawab: “Mempersekutukan Allah, durhaka kepada kedua orang tua, membunuh jiwa (manusia), dan saksi palsu.”
Mempersekutukan Allah atau syirik dikategorikan sebagai dosa yang paling besar yang tidak akan diampuni oleh Allah SWT. Orang yang  syirik diharamkan untuk masuk surga, sebagaimana firman Allah SWT :

... ﺇﻧﻪﻤﻥﻴﺷﺮﻙﺑﺎﷲﻓﻘﺪﺣﺮﻡﷲﻋﻟﻴﻪﺍﻟﺟﻧﺔﻭﻣﺄﻭﻪﺍﻟﻧﺎﺭ... ﴿ﺍﻟﻣﺎﺋﺪﺓ׃٧٢﴾
Artinya:
“Sesungguhnya orang yang menyekutukan Allah, maka pasti Allah mengharamkan surga baginya dan ia ditempatkan di dalam neraka.” ( Q.S. Al-Ma’idah: 72)

 Rasulullah SAW. bersabda:

ﺮﺿﻰﺍﷲ ﻓﻰ ﺮﺿﻰﺍﻟﻮﺍﻟﺪﻴﻦﻭﺴﺧﻁ ﺍﷲ ﻓﻰﺴﺧﻁ ﻟﻮﺍﻟﺪﻴﻦ.
﴿ﺮﻭﺍﻩﺍﻟﺘﺮﻤﺬﻯﻮﺍﻟﺤﺎﻛﻡ ﺑﺷﺮﻄ ﺍﻟﻤﺴﻟﻡ﴾
Artinya: “Keridaan Allah itu terletak pada keridaan kedua ibu bapaknya dan kemurkaan Allah itu terletak pada kemurkaan kedua ibu bapak pula. (HR. Muslim, Hakim, dengan syarat Muslim)
 Nabi SAW. bersabda:
ﺇﺬﺍﺍﻟﺘﻘﻰﺍﻟﻤﺴﻟﻤﺎﻦﺑﺴﻴﻔﻴﻬﻤﺎ٬ ﻓﺎﻟﻘﺎﺘﻝﻭﺍﻟﻤﻘﺘﻭﻝﻓﻲﺍﻟﻨﺎﺭ٬ﻗﻴﻝ׃ ﻴﺎﺭﺴﻭﻞﺍﷲ! ﻫﺫﺍﺍﻟﻘﺎﺗﻞ٬ ﻓﻣﺎﺒﺎﻞﺍﻟﻣﻘﺗﻭﻞ؟ ﻗﺎﻞ׃ ﻷﻨﻪﻛﺎﻦﺣﺭﻳﺻﺎﻋﻟﻰﻗﺗﻞﺻﺎﺣﺑﻪ.
Artinya: “Jika dua orang lelaki Muslim berjumpa membawa pedangnya masing-masing (dengan tujuan untuk saling membunuh), maka pembunuhnya dan yang terbunuh akan sama-sama masuk neraka. Lalu beliau ditanya oleh seorang sahabat: Ya Rasulullah, benarlah jika pembunuh ini masuk neraka, tetapi mengapakah pula orang yang terbunuh itu turut sama masuk neraka? Nabi SAW. menjawab: Sebab yang terbunuh itu berusaha pula untuk membunuh kawannya yang telah membunuhnya itu

Hadits Tentang Tujuh Dosa Besar
٥٦ـ  ﺣﺪﻳﺙﺍﺒﻰﻫﺭﻴﺭﺓﺭﺿﻰﺍﷲﻋﻧﻪ٬ﻋﻦﺍﻟﻧﺑﻰﺻﻟﻰﺍﷲﻋﻟﻳﻪﻮﺳﻟﻡﻗﺎﻝ׃ﺍﺠﺗﻨﺑﻭﺍﺍﻟﺳﺑﻊﺍﻟﻣﻭﺑﻘﺎﺕ٬
ﻗﺎﻟﻭﺍﻴﺎﺮﺳﻭﻝﺍﷲﻭﻣﺎﻫﻦ؟ﻗﺎﻝ׃ﺍﻟﺷﺮﻙﺑﺎﷲ٬ﻭﺍﻟﺴﺤﺮ٬ﻭﻗﺗﻝﺍﻟﻨﻔﺲﺍﻟﺗﻰﺤﺮﻡﺍﷲﺍﻻﺑﺎﻟﺤﻕ٬ﻮﺍﻜﻝﺍﻟﺮﺑﺎ٬ﻮﺍﻜﻝﻣﺎﻞﺍﻟﻳﺗﻴﻡ٬ﻮﺍﻟﺗﻮﻟﻰﻴﻮﻡﺍﻟﺯﺤﻒ٬ﻮﻗﺫﻑﺍﻟﻤﺤﺻﻨﺎﺖﺍﻟﻤﻮﻤﻨﺎﺖﺍﻟﻐﺎﻓﻼﺕ.
ﺍﺨﺭﺠﻪﺍﻟﺑﺨﺎﺭﻯﻓﻰ ׃٥٥ـ ﮐﺘﺎﺏﺍﻟﻭﺻﺎﻴﺎ׃٢٣ـ ﺑﺎﺏﻗﻭﻝﺍﷲﺗﻌﺎﻟﻰ׃ ﺍﻦﺍﻟﺬﻴﻥﻴﺄﻛﻟﻮﻦﺍﻤﻭﺍﻞ ﺍﻟﻴﺘﺎﻤﻰﻈﻟﻤﺎ.
Artinya:
Hadits Abu Hurairah ra. dari Nabi saw. dimana beliau bersabda: “ Jauhilah tujuh macam dosa yang membinasakan.”Para sahabat bertanya: ”Wahai Rasulullah, apakah ketujuh macam dosa itu?” Beliau menjawab: “Mempersekutukan Allah, sihir, membunuh jiwa (manusia) yang diharamkan oleh Allah kecuali dengan hak, makan riba, makan harta anak yatim, lari pada saat pertempuran (dalam jihad) dan menuduh (berbuat zina) kepada wanita-wanita yang selalu menjaga diri, mukminat dan tidak pernah berfikir (untuk berzina).”
kfirman Allah Ta’ala:

ﺍﻟﺬﻳﻦﻳﺄﻛﻟﻭﻦﺍﻟﺮﺑﻭﺍﻻﻳﻘﻭﻤﻭﻦﺇﻻﻛﻤﺎﻳﻘﻭﻢﺍﻟﺬﻯﻴﺗﺧﺑﻁﻪﺍﻟﺸﻴﻁﻦﻤﻥﺍﻟﻤﺲۚ

Artinya:
“Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan lantaran (tekanan) penyakit gila.” (Q.S. Al-Baqarah: 275)

Allah berfirman:
ٳﻥﺍﻟﺫﻴﻥﻴﺄﻛﻟﻮﻦﺃﻤﻮﺍﻞﺍﻟﻴﺘﺎﻤﻰﻈﻟﻤﺎ٬ ﺇﻨﻤﺎﻴﺄﻛﻟﻮﻦﻓﻲﺒﻃﻮﻧﻬﻡﻨﺎﺭﺍ٬ ﻮﺳﻳﺻﻟﻮﻥﺳﻌﻳﺭﺍ.
Artinya:“Sesungguhnya orang yang makan harta anak yatim dengan secara kejam (tidak benar), maka sebenarnya mereka itu sama dengan memasukkan api ke dalam perutnya, dan mereka akan memasuki neraka yang menyala-nyala.” (Q.S. An-Nisa: 10)
٥٣ـ ﺣﺪﻳﺙﻋﺑﺪﺍﷲﺑﻦﻤﺴﻌﻭﺪﻗﺎﻝ׃ﺴﺄﻟﺖﺍﻟﻧﺑﻰﺻﻟﻰﺍﷲﻋﻟﻳﻪﻮﺳﻟﻡﺍﻯﺍﻟﺫﻨﺏﺍﻋﻇﻡﻋﻧﺪﺍﷲ؟ ﻗﺎﻝ׃ﺍﻦﺗﺠﻌﻝﷲﻧﺪﺍﻭﻫﻭﺧﻟﻘﻙ٬ﻗﻟﺖﺍﻥﺬﻟﻚﻟﻌﻈﻴﻡ٬ﻗﻟﺖﺜﻡﺍﻯ؟ﻗﺎﻝ׃ﻭﺍﻥﺗﻘﺗﻝﻭﻟﺪﻚﺗﺧﺎﻑﺍﻥﻳﻃﻌﻡ
ﻤﻌﻚ٬ ﻗﻟﺖﺜﻡﺍﻯ؟ ﻗﺎﻝ ׃ﺍﻥﺗﺰﺍﻨﻰﺣﻟﻳﻟﺔﺠﺎﺮﻚ.
ﺍﺨﺭﺠﻪﺍﻟﺑﺨﺎﺭﻯﻓﻰ ׃٦٥ﻛﺗﺎﺏﺍﻟﺗﻔﺳﻳﺮ٬ﺗﻔﺳﻳﺮﺴﻭﺮﺓﺍﻟﺑﻘﺮﺓ ׃٣ـ ﺑﺎﺏﻗﻭﻟﻪﺗﻌﺎﻟﻰﻓﻼﺗﺟﻌﻟﻭﺍﷲﺍﻨﺪﺍﺪﺍ.


Artinya:
Hadits ‘Abdullah bin Mas’ud dimana ia berkata: “Saya bertanya kepada Nabi saw.: “Apakah dosa yang paling besar menurut Allah?” Beliau menjawab: “Kamu menjadi sekutu bagi Allah padahal Dia yang menciptakan kamu.” Saya bertanya: “Perbuatan itu memang sungguh dosa yang sangat besar.” Saya bertanya: “Kemudian apa?” Beliau menjawab: “Kamu membunuh anakmu karena khawatir ia akan makan bersama kamu. Saya bertanya lagi: “Kemudian apa?” Beliau menjawab: “Kamu berzina dengan istri tetanggamu.Maha besar allah lagi maha penyayang...//Ahmad fuadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar