Rabu, 20 Agustus 2014



Sombong:
Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.(Al Quran surat Luqman : 18)
Mari renungkan firman Allah SWT., dalam surat Al Isra,37
Dan janganlah berjalan di muka bumi dengan sombong, karena sesungguhnya engkau tak akan dapat menembus bumi dan tidak akan mencapai setinggi gunung.
Seseorang dengan kesombongan dan ketakaburannya tidak akan mampu menembus bumi dan tidak akan mampu menggapai langit. Bahkan justru sebaliknya orang – orang dengan kesombongannya akan dibenci, dimurkai, terhina dan dihinakan dihadapan Allah SWT., dia direndahkan oleh Allah dihadapan manusia,
Dalam sebuah hadits dari ‘Amr bin Syu’aib meriwayatkan dari ayahnya dari kakeknya dari Nabi Muhammad SAW. Orang-orang yang sombong dikumpulkan pada hari kiamat seperti semut-semut kecil dalam bentuk manusia, diliputi oleh kehinaan dari segala arah, digiring ke penjara di Jahannam yang disebut Bulas, dilalap oleh api dan diberi minuman dari perasan penduduk neraka”, (HR. At-Tirmidzi, dihasankan oleh Asy-Syaikh Al-Albani dalam Shahih Al-Adabul Mufrad no. 434).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar