PENDAPAT ULAMA BESAR SEPUTAR MAULID NABI.
FATWA DAN PENDAPAT ULAMA BESAR NAN AGUNG SEPUTAR MAULID NABI
Berikut ini beberapa pendapat dan fatwa dari ulama kaum Muslimin yang kami kutip dari kitab-kitab ulama muktabar, namun masih banyak lagi yang belum sempat kami kutipkan ;
Pendapat Al-Imam Hasan Al-Bashriy Qaddasallahu Sirrah (wafat 116 H) yaitu generasi salafush shaleh dan ayah beliau adalah pelayan Sahabat Zaid bin Tsabit (penulis wahyu). Imam Hasan Al-Bashriy pernah berjumpa sekitar 100 sahabat Nabi. Menurut Qatadah, Imam Hasan paling tahu tengtang jala dan haram, pendapatnya seperti Sahabat Umar bin Khatththab radliyallahu ‘anh, menjadi rujukan dalam bertanya. Menurut Hisyam bin Hasan, Imam Hasan Al-Bashriy adalah paling pandai dimasanya dan menurut Abu Umar bin al-‘Ala’, orang yang sangat fashih. Beliau mengatakan tentang betapa istimewanya Maulid Nabi,
Lebih lanjut,
Demikianlah yang bisa kami sebutkan mengenai fatwa-fatwa dan pendapat-pendapat ulama-ulama besar nan agung Kaum Muslimin, masih banyak fatwa ulama lainnya yang dituturkan dalam kitab mereka seperti fatwa al-‘arif billah Abu Abdullah Muhammad bin Ibad, Asy-Syekh DR. Asy-Syarbasiy, Al-Imam Taqiyuddin As-Subki, Asy-Syekh Rasyid Ridla, Al-Imam Al-Wansyarsiy termasuk juga Imam Ibnu Taimiyah rahimahullah * dan lain sebagainya. Semoga Allah senantiasa menjaga kita dari tipudaya para penipu yang senantiasa mengincar umat Islam untuk dijauhkan dari ulama yang benar-benar mumpuni, yang lebih paham akan agama ini. Amin..!!! والله سبحانه وتعالى أعلم Abdurrohim ats-Tsauriy Catatan Kaki : 1. Kitab I’anah Thalibin (Syarah Fathul Mu’in) Juz. 3 hal. 415, karangan Al-‘Allamah Asy-Syekh As-Sayyid Al-Bakri Syatha Ad-Dimyathiy. Darul Fikr, Beirut – Lebanon. 2. Ibid, hal. 415. 3. Kitab Madarijus Su’uud hal. 16, karangan Al-‘Allamah Asy-Syekh An-Nawawiy Ats-Tsaniy (Sayyid Ulama Hijaz) 4. Kitab I’anah Thalibin (Syarah Fathul Mu’in) Juz. 3 hal. 415, karangan Al-‘Allamah Asy-Syekh As-Sayyid Al-Bakri Syatha Ad-Dimyathiy. Darul Fikr, Beirut – Lebanon. 5. Ibid, hal. 415. 6. Ibid, hal. 416 ; kitab As-Sirah Al-Halabiyah (1/83-84) karangan Al-Imam ‘Ali bin Burnahuddin Al-Halabiy. 7. Kitab I’anah Thalibin (Syarah Fathul Mu’in) Juz. 3 hal. 415, karangan Al-‘Allamah Asy-Syekh As-Sayyid Al-Bakri Syatha Ad-Dimyathiy. Darul Fikr, Beirut – Lebanon. 8. Ibid, hal. 415 ; kitab Anwarul Muhammadiyah hal.20, karangan Al-‘Allamah Asy-Syekh Yusuf An-Nabhaniy. Darul Kutub Al-Ilmiyyah, Beirut – Lebanon. 9. Ibid, hal. 415. 10. Kitab Husnul Maqshid fi Amal Maulid, karangan Al-Imam Al-Hafidz Jalaluddin As-Suyuthiy 11. Ibid. 12. Ibid. 13. Tercantum dalam kitab Al-Ajwibah al-Mardliyyah ; Kitab I’anah Thalibin (Syarah Fathul Mu’in) Juz. 3 hal. 415, karangan Al-‘Allamah Asy-Syekh As-Sayyid Al-Bakri Syatha Ad-Dimyathiy. Darul Fikr, Beirut – Lebanon ; kitab As-Sirah Al-Halabiyah (1/83-84) karangan Al-Imam ‘Ali bin Burnahuddin Al-Halabiy 14. Ibid. 15. Kitab Husnul Maqshid fi Amal Maulid, karangan Al-Imam Al-Hafidz Jalaluddin As-Suyuthiy. 16. Ibid ; kitab Al-Hawi Al-Fatawi hal. 189, karangan Al-Imam As-Suyuthiy ; kitab I’anatut Thalibin Juz 3 Hal. 415 , karangan Al-‘Allamah Asy-Syekh As-Sayyid Al-Bakri Syatha Ad-Dimyathiy. Darul Fikr, Beirut – Lebanon ; Tuhfatul Muhtaj (تحفة المحتاج في شرح المنهاج) pada fasal (فَصْلٌ فِي وَلِيمَةِ الْعُرْسِ) karangan Al-Imam Ibnu Hajar Al-Haitamiy. 17. Kitab Husnul Maqshid fi Amal Maulid, karangan Al-Imam Al-Hafidz Jalaluddin As-Suyuthiy. 18. Ibid. 19. Kitab I’anatut Thalibin Juz 3 Hal. 415 , karangan Al-‘Allamah Asy-Syekh As-Sayyid Al-Bakri Syatha Ad-Dimyathiy. Darul Fikr, Beirut – Lebanon. 20. Ibid. ; Kitab Al-Wasail fiy Syarh Al-Masaail lis-Suyuthiy 21. Kitab Al-Madhkal, karangan Al-Imam Ibnu Al-Hajj jilid.1 hal. 261 22. Ibid. 23. Kitab Ad-Durar As-Saniyyah (الدرر السنية) hal. 190. 24. Kitab Syarah ‘Alaa Maulid Al-Imam Ibnu Hajar. 25. Kita Fatawa Syar’iyyah (1/131) 26. Kiab ‘Alaa Maidah Al-Fikr Al-Islami (على مائدة الفكر الإسلامي) hal. 25. 27. Pendapat Imam Ibnu Hajar Al-Haitsamiy 28. Kitab Mawahid Al-Ladunniyah (1/148) –Syarh ‘alaa Shahih Bukhari-, karangan Al-Imam AL-Qasthalaniy 29. Ibid. 30. Kitab Tafsir Al-Imam Al-Alusiy 31. Lihat : Sirah An-Nabawiyah wa Atsar al-Muhammadiyah, catatan pinggir As-Sirah Al-Halabiyah . 32. Kitab Haulal Ihtifal Bidzikri Al-Maulidin Nabawi Asy-Syarif. 33. Ibid. *. Mengenai pendapat Imam Ibnu Taimiyah terdapat dalam kitab Iqthidha’ Shirathal Mustaqim dan perlu penjelasan lebih rinci. Secara garis besar, Imam Ibnu Taimiyah tergolong ulama yang sangat ketat dan tidak mentolerir perbedaan apapun. Beliau bukanlah wahabi (sekte yang dinisbatkan kepada Syekh Muhammad bin Abdul Wahab rahimahullah). Mengenai perayaan yang disyariatkan, menurut beliau wajib mengambilnya, namun mengenai hari-hari istimewa seperti hari kemenangan perang badar, perang Hunain, kemenangan pada perang Khandak, hari Fathul Mekkah dan sebagainya, menurut beliau tidak wajib diambil, demikian juga Maulid Nabi, namun merayakannya akan mendapatkan pahala disisi Allah amin....//Ahmad fuadi
Berikut ini beberapa pendapat dan fatwa dari ulama kaum Muslimin yang kami kutip dari kitab-kitab ulama muktabar, namun masih banyak lagi yang belum sempat kami kutipkan ;
Pendapat Al-Imam Hasan Al-Bashriy Qaddasallahu Sirrah (wafat 116 H) yaitu generasi salafush shaleh dan ayah beliau adalah pelayan Sahabat Zaid bin Tsabit (penulis wahyu). Imam Hasan Al-Bashriy pernah berjumpa sekitar 100 sahabat Nabi. Menurut Qatadah, Imam Hasan paling tahu tengtang jala dan haram, pendapatnya seperti Sahabat Umar bin Khatththab radliyallahu ‘anh, menjadi rujukan dalam bertanya. Menurut Hisyam bin Hasan, Imam Hasan Al-Bashriy adalah paling pandai dimasanya dan menurut Abu Umar bin al-‘Ala’, orang yang sangat fashih. Beliau mengatakan tentang betapa istimewanya Maulid Nabi,
قال الحسن البصري،
قدس الله سره: وددت لو كان لي مثل جبل أحد ذهبا لانفقته على قراءة مولد
الرسول “Seandainya aku memiliki emas seumpama gunung Uhud, niscaya aku
akan menafkahkannya (semuanya) kepada orang yang membacakan Maulid
ar-Rasul”. [1]
Pendapat Al-Imam Ma’aruf Al-Kharkhiy
Qaddasallahu Sirrah (wafat 200 H), beliau juga termasuk generasi
salafush shaleh yang alim, zuhud dan terkenal dikalangan fukaha’ sebagai
orangyang fakih. Beliau mengungkap peringatan Maulid Nabi yang
terjadi dimasa beliau, keistimewaan serta balasan bagi orang yang
memperingati Maulid Nabi,
قال معروف الكرخي
قدس الله سره: من هيأ لاجل قراءة مولد الرسول طعاما، وجمع إخوانا، وأوقد
سراجا، ولبس جديدا، وتعطر وتجمل تعظيما لمولده حشره الله تعالى يوم القيامة
مع الفرقة الاولى من النبيين، وكان في أعلى عليين “Al-Imam Ma’aruf
Al-Kurkhiy Qaddasallahu sirrah, barangsiapa menyajikan makanan untuk
pembacaan Maulid ar-Rasul, mengumpulkan saudara-saudaranya, menghidupkan
pelita dan memakai pakaian yang baru dan wangi-wangian dan
menjadikannya untuk mengagungkan kelahirannya (Maulid Nabi), maka Allah
akan membangkitkan pada hari qiyamat beserta golongan yang utama dari
Nabi-Nabi , dan ditempatkan pada tempat (derajat) yang tinggi”. [2]
Pendapat Al-Imam Agung Nashirus Sunnah Asy-Syafi’i Rahimahullah (wafat 204 H).
Beliau menuturkan bahwa peringatan Maulid Nabi dilakukan dengan
berjamaah dan disediakan makanan sebagai rasa cinta kepada Nabi
shallallahu ‘alayhi wa sallam, serta beliau juga menuturkan keutamaan
orang yang memperingatinya,
قال الشافعى
رحمه الله من جمع لمولد النبى صلى الله عليه وسلم اخوانا وتهياء لهم طعاما
وعملا حسانا بعثه الله يوم القيامة مع الصديقين والشهداء والصالحين
“Al-Imam Asy-Syafi’i rahimahullah berkata, “barangsiapa yang
mengumpulkan orang untuk melaksanakan perayaan Maulid Nabi (صلى الله
عليه وسلم) karena kecintaan (ikhwanan) secara berjama’ah dengan
menyediakan makanan dan berlaku baik, niscaya Allah bangkitkan di hari
kiamat beserta para ahli kebenaran, syuhada dan para shalihin”.[3]
Pendapat Al-‘Arif
Billah Al-Imam As-Sirriy As-Saqathiy Qaddasallahu Sirrah (wafat 257 H).
Termasuk generasi salafush shaleh yaitu generasi tabiut tabi’in,
seorang yang sangat berpendirian teguh, wara, sangat alim dan ahli ilmu
tauhid. Beliau mengungkapkan keutamaan memperingati Maulid Nabi karena
kecintaan kepada Rasulullah dan kelak akan bersama dengan Rasulullah,
وقال
السري السقطي: من قصد موضعا يقرأ فيه مولد النبي (صلى الله عليه وسلم) فقد
قصد روضة من رياض الجنة لانه ما قصد ذلك الموضع إلا لمحبة الرسول. وقد قال
عليه السلام: من أحبني كان معي في الجنة “Imam As-Sirry As-Saqathiy
berkata, barangsiapa yang menyediakan tempat untuk dibacakan Maulid Nabi
(صلى الله عليه وسلم), maka sungguh dia menghendaki “Raudhah (taman)”
dari taman-taman surga, karena sesungguhnya tiada dia menghendaki tempat
itu melainkan karena cintanya kepada Rasul. Dan Sungguh Rasul (صلى الله
عليه وسلم) bersabda : “barangsiapa mencintaiku, maka dia akan bersamaku
didalam surga”. [4]
Pendapat Al-Imam Junaid Al-Baghdadiy Rahimahullah (wafat 297 H), masih termasuk generasi shalafuh shaleh. Beliau menuturkan beruntungnya keimanan seseorang yang menghadiri Maulid Nabi,
قال
الجنيدي البغدادي رحمه الله: من حضر مولد الرسول وعظم قدره فقد فاز
بالايمان “Imam Junaid al-Baghdadiy rahimahullah berkata, barangsiapa
yang menghadiri Maulid ar-Rasul dan mengagungkannya (Rasulullah), maka
dia beruntung dengan keimanannya” [5]
Pendapat Al-Imam Ibnu Jauziy Rahimahullah, beliau menuturkan tentang keutamaan Maulid Nabi sebagai berikut,
قال
ابن الجوزي رحمه الله تعالى من خواصه أنه أمان في ذلك العام وبشرى عاجلة
بنيل البغية والمرام “Al-Imam Ibnu Jauziy Rahimahullah berkata, diantara
keistimewaan Maulid Nabi adalah keadaan aman (pencegah mushibah) pada
tahun itu, kabar gembira serta segala kebutuhan dan keinginan terpenuhi”
[6]
Pendapat Al-Imam Abu Syamah Rahimahullah (wafat 655 H). Beliau ulama agung bermadzhab Syafi’i dan merupakan guru besar dariAl-Imam Al-Hujjah Al-Hafidz Asy-Syekhul Islam An-Nawawiy Ad-Damasyqiy Asy-Syafi’I Rahimahullah. Al-Imam Abu Syamah menuturkan,
قال
الامام أبو شامة شيخ المصنف رحمه الله تعالى: ومن أحسن ما ابتدع في زماننا
ما يفعل في كل عام في اليوم الموافق ليوم مولده (صلى الله عليه وسلم): من
الصدقات والمعروف وإظهار الزينة والسرور، فإن ذلك مع ما فيه من الاحسان إلى
الفقراء يشعر بمحبة النبي (صلى الله عليه وسلم) وتعظيمه وجلالته في قلب
فاعل ذلك، وشكر الله تعالى على ما من به من إيجاد رسوله الذي أرسله رحمة
للعالمين “dan sebagus-bagusnya apa yang diada-adakan pada masa sekarang
ini yaitu apa yang dikerjakan (rayakan) setiap tahun dihari kelahiran
(Maulid) Nabi dengan bershadaqah, mengerjakan yang ma’ruf, menampakkan
rasa kegembiraan, maka sesungguhnya yang demikian itu didalamnya ada
kebaikan hingga para fuqara’ membaca sya’ir dengan rasa cinta kepada
Nabi, mengagungkan beliau, dan bersyukur kepada Allah atas perkara
dimana dengan (kelahiran tersebut) menjadi sebab adanya Rasul-nya yang
diutus sebagai rahmat bagi semesta alam” [7]
Pendapat Al-Imam
Al-Muhaddits Al-Hafidz Al-Musnid Al-Jami’ Abul Khair Syamsuddin
Muhammad Ibnu Abdullah Al-Jazariy Asy-Syafi’i (wafat 660 H).
Beliau adalah guru dari para Qurra’ (Ahli baca Al-Qur’an) dan Imam
Qira’at pada zamannnya. Beliau memiliki karya Maulid yang masih berupa
manuskrip (naskah tulisan tangan) yang berjudul “ ‘Arfut Ta’rif bi
Al-Maulidi Asy-Syarif”. Beliau mengatakan bahwa orang yang memperingati
Maulid Nabi sangat pantas untuk menampati surga yang penuh kenikmatan,
فإذا
كان أبو لهب الكافر الذي نزل القرآن بذمه جوزي في النار بفرحه ليلة مولد
النبي صلى اله عليه وسلم به فما حال المسلم الموحد من أمة النبي صلى الله
عليه وسلم يسر بمولده ويبذل ما تصل إليه قدرته في محبته صلى الله عليه
وسلم، لعمري إنما يكون جزاؤه من الله الكريم أن يدخله بفضله جنات النعيم
“maka jika Abu Lahab yang kafir yang diturunkan ayat al-Qur’an untuk
mencelanya masih diberi ganjaran kebaikan didalam neraka karena
bergembira pada malam Maulid Nabi, lantas bagaimana dengan seorang
Muslim yang mentauhidkan Allah, yang merupakan umat dari Nabi (صلى اله
عليه وسلم) yang senang dengan kelahiran Beliau dan menafkahkan apa yang
dia mampu demi kecintaannya kepada Nabi (صلى اله عليه وسلم). Demi Allah,
sesungguhnya yang pantas bagi mereka berupa balasan dari Allah yang
Maha Pemurah adalah memasukkan mereka dengan keutamannya kedalam surga
yang penuh kenikmatan”[8]
Pendapat Al-Imam Yafi'i Al-Yamaniy Rahimahullah (wafat 768 H) turut menuturkan keutamaan Maulid Nabi shallallahu ‘alayhi wasallam,
وقال
الامام اليافعي اليمنى: من جمع لمولد النبي (ص) إخوانا وهيأ طعاما وأخلى
مكانا وعمل إحسانا وصار سببا لقراءة مولد الرسول بعثه الله يوم القيامة مع
الصديقين والشهداء والصالحين ويكون في جنات النعيم “Dan berkata Imam
Al-Yafi’iy Al-Yamani : “Barangsiapa yang mengumulkan saudara-saudaranya
untuk (merayakan) Maulid Nabi, menyajikan makanan, beramal yang baik dan
menjadikannya untuk pembacaan Maulid ar-Rasul, maka Allah akan
membangkitkan pada hari Kiamat bersama para Shadiqin, Syuhada, Shalihin
dan menempatkannya pada tempat yang tinggi” [9]
Pendapat Al-Hafidz Al-Imam Al-Muhaddits Syamsuddin bin Nashiruddin Ad-Damasyqiy (777 H - 842 H) yang
telah mengarang kitab Maulid, diantaranya kitab Jami’ul Atsar fi
Maulidin Nabiyyil Mukhtar (terdiri dari 3 jilid), Al-Lafdzur Roiq fi
Maulidi Khayril Khalaiq (bentuknya ringkas), Mauridush Shadi fi Maulidil
Had. Beliau mengatakan (dalam sebuah syair),
إذا
كان هـذا كافرا جـاء ذمـه وتبت يـداه في الجحـيم مخـلدا أتى أنـه في يـوم
الاثنين دائـما يخفف عنه للسـرور بأحــمدا فما الظن بالعبد الذي طول عمره
بأحمد مسرورا ومات موحـــدا “Jika orang kafir yang telah datang (tertera)
celaan baginya (yakni) “dan celakalah kedua tangannya didalam neraka
Jahannam kekal didalamnya” ; “Telah tiba pada (setiap) hari senin untuk
selamanya diringankan (siksa) darinya karena bergembira ke (kelahiran)
Ahmad ; “lantas bagaimanakah dugaan kita terhadap seorang hamba yang
sepanjang usia, karena (kelahiran) Ahmad, lantas ia selalu bergembira
dan tauhid menyertai kematiannya ???”[10]
Fatwa Al-Imam Asy-Syeikhul Islam Al-Hafidz Abu Al-Fadhl Ahmad Ibnu Hajar Al-Asqalaniy (773 H - 852H),
yang telah mensyarah kitab monumental Imam Bukhari (Shahih Bukhari),
dan beliau beri nama dengan kitabnya tersebut dengan nama Fathul Bari
‘alaa Shahih Bukhari. Beliau memfatwakan bahwa amal Maulid termasuk ke
dalam bid’ah Hasanah (perkara baru yang bagus) dan beliau juga mendapati
dasar syara’ yang sangat terang mengenai peringatan Maulid Nabi,
أصل
عمل المولد بدعة لم تنقل عن أحد من السلف الصالح من القرون الثلاثة،
ولكنها مع ذلك قد اشتملت على محاسن وضدها، فمن تحرى في عملها المحاسن وتجنب
ضدها كان بدعة حسنة، وإلا فلا “Asal amal Maulid adalah bid’ah, tidak
pernah ada perkataan (perbincangan) dari salafush shaleh dari kurun ke
tiga, dan akan tetapi bersamanya mencakup (mengandung) kebaikan-kebaikan
dan keburukan-keburukan. Maka barangsiapa yang mengambil
kebaikan-kebaikannya pada amal Maulid dan menjauhi keburukannya maka
itulah bid’ah Hasanah (بدعة حسنة), dan jika tidak (menjauhi keburukannya) maka tidak (bukan bid’ah Hasanah)” [11]
Lebih lanjut lagi, beliau memfatwakan dasar yang sangat jelas tentang peringatan Maulid Nabi,
وقد
ظهر لي تخريجها على أصل ثابت، وهو ما ثبت في الصحيحين من أن النبي صلى
الله عليه وسلم قدم المدينة فوجد اليهود يصومون يوم عاشوراء فسألهم؟
فقالوا: هو يوم أغرق الله فيه فرعون ونجى موسى فنحن نصومه شكرا لله تعالى،
فيستفاد منه فعل الشكر لله على ما مَنَّ به في يوم معين من إسداء نعمة أو
دفع نقمة، ويعاد ذلك في نظير ذلك اليوم من كل سنة، والشكر لله يحصل بأنواع
العبادة كالسجود والصيام والصدقة والتلاوة، وأي نعمة أعظم من النعمة ببروز
هذا النبي نبي الرحمة في ذلك اليوم “dan sungguh telah jelas bagiku bahwa
apa yang dikeluarkan (diriwayatkan) atas asal penetapan (hokum Maulid),
sebagaimana yang ditetapkan didalam Ash-Shahihayn bahwa sesungguhnya
Nabi datang ke Madinah, maka (beliau) menemukan orang Yahudi berpuasa
pada hari Asyura’, Rasulullah bertanya kepada mereka (tentang puasa
tersebut)? Maka mereka menjawab : “Padanya adalah hari dimana Allah
telah menenggelamkan Fir’aun dan menyelamatkan (Nabi) Musa, maka kami
berpuasa untuk bersyukur kepada Allah Yang Maha Tinggi (atas semua
itu)”. Maka faidah yang bisa diambil dari hal tersebut adalah bahwa
(kebolehan) bersyukur kepada Allah atas sesuatu (yang terjadi) baik
karena menerima sebuah kenikmatan yang besar atau penyelamatan
(terhindar) dari bahaya, dan bisa diulang-ulang perkara (syukuran)
tersebut pada hari (yang sama) setiap tahun. Adapun syukur kepada Allah
dapat dilakukan dengan bermacam-macam Ibadah seperti sujud (sujud
syukur), puasa, shadaqah dan tilawah (membaca al-Qur’an). dan sungguh
adakah nikmat yang paling agung (besar) dari berbagai nikmat (yang ada)
selain kelahiran Nabi (Muhammad) Nabi yang penyayang pada hari
(peringatan Maulid) itu ?” [12]
Pendapat A-Imam Al-Hafidz Muhammad bin Abdurrahman Al-Qahiriy, dikenal dengan nama Al-Imam As-Sakhawiy (831 H – 902 H),
beliau juga dikenal sebagai Ahli sejarah di Madinah, penulis kitab
Adh-Dhaw’ul Lami’. Beliau juga telah menyusun sebuah karya Maulid yang
diberi judul “Al-Fakhrul ‘Ulwi fil Mawlidin Nabawiy”
لَمْ
يُنْقَلْ عَنْ أَحَدٍ مِنَ السَّلَفِ الصَّالِحِ فِيْ الْقُرُوْنِ
الثَّلاَثَةِ الْفَاضِلَةِ، وَإِنَّمَا حَدَثَ بَعْدُ، ثُمَّ مَا زَالَ
أَهْـلُ الإِسْلاَمِ فِيْ سَائِرِ الأَقْطَارِ وَالْمُـدُنِ الْعِظَامِ
يَحْتَفِلُوْنَ فِيْ شَهْرِ مَوْلِدِهِ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
وَشَرَّفَ وَكَرَّمَ- يَعْمَلُوْنَ الْوَلاَئِمَ الْبَدِيْعَةَ
الْمُشْتَمِلَةَ عَلَى الأُمُوْرِ البَهِجَةِ الرَّفِيْعَةِ،
وَيَتَصَدَّقُوْنَ فِيْ لَيَالِيْهِ بِأَنْوَاعِ الصَّدَقَاتِ،
وَيُظْهِرُوْنَ السُّرُوْرَ، وَيَزِيْدُوْنَ فِيْ الْمَبَرَّاتِ، بَلْ
يَعْتَنُوْنَ بِقِرَاءَةِ مَوْلِدِهِ الْكَرِيْمِ، وَتَظْهَرُ عَلَيْهِمْ
مِنْ بَرَكَاتِهِ كُلُّ فَضْلٍ عَمِيْمٍ بِحَيْثُ كَانَ مِمَّا جُرِّبَ
“Tidak pernah dikatakan (perbincangkan) dari salah seorang ulama
Salafush Shaleh pada kurun ke tiga yang mulya dan sungguh itu baru ada
setelahnya. Kemudian umat Islam diseluruh penjuru daerah dan kota-kota
besar senantiasa memperingati Maulid Nabi (صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ وَشَرَّفَ وَكَرَّمَ) dibulan kelahiran Beliu. Mereka
mengadakan jamuan yang luar biasa dan diisi dengan perkara-perkara yang
menggembirakan serta mulya, dan bershaqadah pada malam harinya dengan
berbagai macam shadaqah, menampakkan kegembiraan, bertambahnya kebaikan
bahkan diramaikan dengan pembacaan (buku-buku) Maulid Nabi yang mulya,
dan menjadi teranglah (jelaslah) keberkahan dan keutamaan (Maulid Nabi)
secara merata dan semua itu telah teruji.[13]
Selanjutnya,
ثُمَّ
قَالَ: “قُلْتُ: كَانَ مَوْلِدُهُ الشَّرِيْفُ عَلَى الأَصَحِّ لَيْلَةَ
الإِثْنَيْنِ الثَّانِيَ عَشَرَ مِنْ شَهْرِ رَبِيْع الأَوَّلِ، وَقِيْلَ:
لِلَيْلَتَيْنِ خَلَتَا مِنْهُ، وَقِيْلَ: لِثَمَانٍ، وَقِيْلَ: لِعَشْرٍ
وَقِيْلَ غَيْرُ ذَلِكَ، وَحِيْنَئِذٍ فَلاَ بَأْسَ بِفِعْلِ الْخَيْرِ
فِيْ هذِهِ الأَيَّامِ وَاللَّيَالِيْ عَلَى حَسَبِ الاسْتِطَاعَةِ بَلْ
يَحْسُنُ فِيْ أَيَّامِ الشَّهْرِ كُلِّهَا وَلَيَالِيْهِ “Kemudian
(beliau) berkata : “aku katakan : adanya (tanggal) kelahiran Nabi
Asy-Syarif yang paling shahih adalah pada malam Senin, 12 Rabi’ul Awwal.
Dikatakan (qoul yang lain) : pada malam tanggal 2, dikatakan juga pada
tanggal 8, 10 dan lain sebagainya. Maka dari itu, tidak mengapa
mengerjakan kebaikan pada setiap hari-hari ini dan malam-malamnya dengan
persiapan (kemampuan) yang ada bahkan bagus dilakukan pada hari-hari
dan malam-malam bulan (Rabi’ul Awwal)”[14]
Fatwa Al-Imam Al-Hafidz Jalaluddin As-Suyuthiy (849 H - 911 H), didalam kitabnya beliau menuturkan bahwa sangat jelas dasar syara’ mengenai peringatan Maulid Nabi,
وقد
ظهر لي تخريجه على أصل آخر، وهو ما أخرجه البيهقي عن أنس أن النبي صلى
الله عليه وسلم عق عن نفسه بعد النبوة، مع أنه قد ورد أن جده عبد المطلب عق
عنه في سابع ولادته، والعقيقة لا تعاد مرة ثانية فيحمل ذلك على أن الذي
فعله النبي صلى الله عليه وسلم إظهار للشكر على إيجاد الله إياه رحمة
للعالمين، وتشريع لأمته كما كان يصلي على نفسه، لذلك فيستحب لنا أيضا إظهار
الشكر بمولده بالاجتماع وإطعام الطعام ونحو ذلك من وجوه القربات وإظهار
المسرات “dan sungguh sangat jelas bagiku yang dikeluarkan (diriwayatkan)
atas asal yang lain (dari pendapat Imam Ibnu Hajar) yaitu apa yang
diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Baihaqiy dari Anas bahwa sesungguhnya Nabi
(صلى الله عليه وسلم) mengaqiqahkan dirinya sendiri sesudah (masa)
kenabian, (padahal) sesungguhnya telah dijelaskan (riwayat) bahwa kakek
beliau Abdul Mutthalib telah mengaqiqahkan (untuk Nabi) pada hari ke
tujuh kelahirannya. adapun aqiqah tidak ada perulangan dua kali, maka
dari itu sungguh apa yang dilakukan oleh Nabi (صلى الله عليه وسلم)
menerangkan tentang (rasa) syukur beliau karena Allah telah mewujudkan
(menjadikan) beliau sebagai rahmat bagi semesta alam, dan sebagai
landasan bagi umatnya. Oleh karena itu, maka juga boleh (mustahab/patut)
bagi kita untuk menanamkan (menerangkan) rasa syukur kita dengan
kelahirannya (Rasulullah) dengan mengumpulkan (kaum Muslimin),
menyajikan makanan dan semacamnya dari (sebagai) perwujudan untuk
mendekatkan diri (kepada Allah) dan menunjukkan kegembiraan (karena
kelahiran beliau)”. [15]
Fatwa beliau lainnya menyatakan
bahwa orang yang memperingati Maulid Nabi akan mendapatkan pahala dan
peringatan Maulid Nabi termasuk kedalam bid’ah hasanah. Beliau ditanya
tentang Maulid Nabi,
فقد وقع السؤال عن عمل
المولد النبوي في شهر ربيع الأول، ما حكمه من حيث الشرع؟ وهل هو محمود أو
مذموم؟ وهل يثاب فاعله أو لا؟ الجـــــواب عندي أن أصل عمل المولد الذي هو
اجتماع الناس وقراءة ما تيسر من القرآن ورواية الأخبار الواردة في مبدأ أمر
النبي صلى الله عليه وسلم وما وقع في مولده من الآيات ثم يمد لهم سماط
يأكلونه وينصرفون من غير زيادة على ذلك هو من البدع الحسنة التي يثاب عليها
صاحبها لما فيه من تعظيم قدر النبي صلى الله عليه وسلم وإظهار الفرح
والاستبشار بمولده الشريف وأول من أحدث فعل ذلك صاحب اربل الملك المظفر أبو
سعيد كوكبرى بن زين الدين علي بن بكتكين أحد الملوك الأمجاد والكبراء
الأجواد، وكان له آثار حسنة، وهو الذي عمر الجامع المظفري بسفح قاسيون
“Sungguh telah ada pertanyaaan tentang peringatan Maulid Nabi pada bulan
Rabiul awwal, tentang bagaimana hukumnya menurut syara’ dan apakah
termasuk kebaikan atau keburukan serta apakah orang yang memperingatinya
mendapatkan pahala ?” Jawabannya, menurutku pada dasarnya amal Maulid
itu adalah berkumpulnya manusai, membaca apa yang dirasa mudah dari
Al-Qur’an, riwayat hadits-hadits tentang permualaan perintah Nabi serta
tanda-tanda yang datang mengiringi kelahiran Nabi kemudian disajikan
beberapa hidangan bagi mereka selanjutnya mereka bubar setelah itu tanpa
ada tambahan-tambahan lain, itu termasuk kedalam Bid’ah Hasanah (bid’ah
yang baik) yang diberi pahala bagi orang yang merayakannya. Karena
perkara didalamnya adalah bagian dari pengagungan terhadap kedudukan
Nabi dan merupakan menampakkan rasa gembira dan suka cita dengan
kelahiran yang Mulya (Nabi Muhammad, dan yang pertama mengadakan hal
semacam itu (perayaan besar) adalah penguasa Irbil, Raja al-Mudhaffar
Abu Sa’id Kaukabri bin Zainuddin Ali Ibnu Buktukin, salah seorang raja
yang mulya, agung dan demawan. Beliau memiliki peninggal yang
hasanah/baik (آثار حسنة), dan beliau lah yang membangun al-Jami’
al-Mudhaffariy dilembah Qasiyun”. [16]
Al-Imam As-Suyuthiy juga
memfatwakan ketika ada syubhat yang menyatakan bahwa memperingati
wafatnya Nabi itu lebih pantas daripada memperingati Maulid Nabi, dalam
hal ini beliau membantahnya sebagai berikut,
إن
ولادته صلى الله عليه وسلم أعظم النعم علينا، ووفاته أعظم المصائب لنا،
والشريعة حثت على إظهار شكر النعم، والصبر والسلوان والكتم عند المصائب،
وقد أمر الشرع بالعقيقة عند الولادة، وهي إظهار شكر وفرح بالمولود، ولم
يأمر عند الموت بذبح ولا غيره، بل نهى عن النياحة وإظهار الجزع، فدلت قواعد
الشريعة على أنه يحسن في هذا الشهر إظهار الفرح بولادته صلى الله عليه
وسلم دون إظهار الحزن فيه بوفاته “Sesungguhnya kelahiran Nabi (صلى الله
عليه وسلم) adalah paling agungnya kenikmatan bagi kita semua, dan
wafatnya Beliau (صلى الله عليه وسلم) adalah musibah yang paling besar
bagi kita semua. Adapun syariat menganjurkan (menampakkan) untuk
mengungkapkan rasa syukur dan kenikmatan. Dan bersabar serta tenang
ketika tertimpa mushibah. Dan sungguh syari’at memerintahkan untuk
(menyembelih) beraqiqah ketika (seorang anak) lahir, dan supaya
menampakkan rasa syukur dan bergembira dengan kelahirannya, dan tidak
memerintahkan untuk menyembelih sesuatu atau melakukan hal yang lain
ketika kematiannya, bahkan syariat melarang meratap (an-niyahah) dan
menampakkan keluh kesah (kesedihan). Maka (dari sini) jelas bahwa
kaidah-kaidah syariat menunjukkan yang baik baik (yang paling layak)
pada bulan ini (bulan Maulid) adalah menampakkan rasa gembira atas
kelahirannya (Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم) dan bukan (malah)
menampakkan kesedihan (mengungkapkan) kesedihan atas wafatnya Beliau"
[17]
Bantahan beliau, sebagaimana juga pernyataan Al-Imam Ibnu Rajab,
وقد
قال ابن رجب في كتاب اللطائف في ذم الرافضة حيث اتخذوا يوم عاشوراء مأتما
لأجل قتل الحسين: لم يأمر الله ولا رسوله باتخاذ أيام مصائب الأنبياء
وموتهم مأتما فكيف ممن هو دونهم “dan sungguh telah berkata Ibnu Rajab di
dalam kitab “al-Lathif” (اللطائف) tentang celaan terhadap ‘Ar-Rafidlah’
bahwa mereka telah menjadikan hari Asyura sebagai hari berkabung
(bersedih) karena bertepatan dengan hari (pembunuhan) wafatnya sayyidina
Husain : Sedangkan Allah dan Rasul-Nya tidak pernah memerintahkan untuk
menjadikan hari-hari mushibah dan kematian para Nabi sebagai hari
bersedih, maka bagaimana dengan orang derajatnya berada dibawah mereka
?” [18]
Lebih jauh lagi, Al-Imam As-Suyuthiy menjelaskan keutamaan tempat dan orang yang memperingati Maulid Nabi,
قال
سلطان العارفين جلال الدين السيوطي في كتابه الوسائل في شرح الشمائل: ما
من بيت أو مسجد أو محلة قرئ فيه مولد النبي (صلى الله عليه وسلم) هلا حفت
الملائكة بأهل ذلك المكان وعمهم الله بالرحمة والمطوقون بالنور - يعني
جبريل وميكائل وإسرافيل وقربائيل وعينائيل والصافون والحافون والكروبيون -
فإنهم يصلون على ما كان سببا لقراءة مولد النبي صلى الله عليه وسلم
“Berkata Shulthan Al-‘Arifin Jalaluddin As-Suyuthiy didalam kitabnya
“al-Wasail fiy Syarhi Asy-Syamil” : "tiada sebuah rumah atau masjid atau
tempat pun yang dibacakan didalamnya Maulid Nabi (صلى الله عليه وسلم)
melainkan dipenuhi Malaikat yang meramaikan penghuni tempat itu
(menyelubunyi tempat itu) dan Allah merantai Malaikat itu dengan rahmat
dan Malaikat bercahaya (menerangi) itu antara lain Malaikat Jibril,
Mikail, Israfil, Qarbail, 'Aynail, ash-Shaafun, al-Haafun dan
al-Karubiyyun. Maka sesungguhnya mereka (malaikat) itulah yang
mendo’akannya karena membaca Maulid Nabi" [19]
Lanjut lagi,
قال:
وما من مسلم قرئ في بيته مولد النبي (صلى الله عليه وسلم) إلا رفع الله
تعالى القحط والوباء والحرق. والآفات والبليات والنكبات والبغض والحسد وعين
السوء واللصوص عن أهل ذلك البيت، فإذا مات هون الله تعالى عليه جواب منكر
ونكير، وكان في مقعد صدق عند مليك مقتدر “tiada seorang Muslim pun yang
didalam rumahnya dilakukan pembacaan Maulid Nabi shallallahu ‘alayhi wa
sallam kecuali Allah akan mengangkat wabah kemarau, kebakaran, karam,
kebinasaan, kecelakaan, kebencian, hasad dan pendengaran yang jahat,
(terhindar) dari pencuri ahli-ahli rumah tersebut. Maka jika apabila
mati, Allah akan memudahkan baginya dalam menjawab (pertanyaan) Malaikat
Munkar dan Nakir. Dan mereka akan ditempatkan didalam tempat yang benar
pada sisi-sisi raja yang berkuasa” [20]
Pendapat Al-Imam Ibnu Al-Hajj Al-Maliki Rahimahullah (ulama madzhab Malikiyyah),
قال
ابن الحاج رحمه الله تعالى فكان يجب أن نزداد يوم الاثنين الثاني عشر من
ربيع الأول من العبادات والخير شكرا للمولى على ما أولانا من هذه النعم
العظيمة وأعظمها ميلاد المصطفى صلى الله عليه وسلم “Menjadi sebuah
kewajiban bagi kita untuk memperbanyak kesyukuran kepada Allah setiap
hari Senin bulan Rabi’ul Awwal karena Dia (Allah) telah mengaruniakan
kepada kita nikmat yang sangat besar dengan lahirnya Al-Musthafa
Shallallahu ‘Alayhi wa Sallam” [21]
وقال
أيضا: ومن تعظيمه صلى الله عليه وآله وسلم الفرح بليلة ولادته وقراءة
المولد “berkata lagi, dan mengagungkan Nabi shallallahu ‘alayhi wa
sallam adalah gembira pada malam kelahirannya dan melakukan pembacaan
Maulid Nabi” [22]
Pendapat seorang Imam yang besar, tokoh yang
sangat terkenal, penjaga Islam, tumpuan banyak orang, tempat rujukan
para Ahli hadits yang sangat terkenal, Al-Hafidz Abdurrahim bin Al-Husain bin Abdurrahman Al-Mishriy yang terkenal dengan Al-Hafidz Al-Iraqiy (wafat 808 H). Beliau memiliki kitab Maulid yang dinamakan dengan “Al-Mawridul Haniy fiy Mawlidis Saniy”,
إن
اتخاذ الوليمة وإطعام الطعام مستحب في كل وقت، فكيف إذا انضم إلى ذلك
الفرح والسرور بظهور نور النبي صلى الله عليه وسلم في هذا الشهر الشريف،
ولا يلزم من كونه بدعة كونه مكروها، فكم من بدعة مستحبة بل قد تكون واجب
“Sungguh melakukan perayaan (walimah) dan memberikan makan disunnahkan
pada setiap waktu, apalagi jika padanya disertai dengan kesenangan dan
kegembiraan dengan kehadiran Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam
pada bulan yang mulya ini, dan tidaklah setiap bid’ah itu makruh
(dibenci), betapa banyak bid’ah yang disunnahkan bahkan diwajibkan” [23]
Pendapat Al-Imam Ibnu ‘Abidin didaam kitab syarahnya atas kitab Maulid Imam Ibnu Hajar,
قال
ابن عابدين في شرحه على مولد ابن حجر اعلم أن من البدع المحمودة عمل
المولد الشريف من الشهر الذي ولد فيه صلى الله عليه وسلم، وقال أيضاً:
فالاجتماع استماع قصة صاحب المعجزات عليه أفضل الصلوات وأكمل التحيات من
أعظم القربات لما يشتمل عليه من المعجزات وكثرة الصلوات “Ketahuilah olehmu
bahwa sebagian dari perkara baru yang terpuji (bid’ah mahmudah) adalah
amal Maulid Nabi Asy-Syarif pada bulan yang mana Nabi shallallahu
‘alayhi wa sallam di lahirkan didalamnya”,,,[24]
Pendapat Asy-Syekh Husnain Muhammad Makhluf (Syeikhul Azhar) Rahimahullah,
وقال
الشيخ حسنين محمد مخلوف شيخ الأزهر رحمه الله تعالى إن من إحياء ليلة
المولد الشريف، وليالي هذا الشهر الكريم الذي أشرق فيه النور المحمدي إنما
يكون بذكر الله وشكره لما أنعم به على هذه الأمة من ظهور خير الخلق إلى
عالم الوجود، ولا يكون ذلك إلا في أدب وخشوع وبعد عن المحرمات والبدع
والمنكرات، ومن مظاهر الشكر على حبه مواساة المحتاجين بما يخفف ضائقتهم
وصلة الأرحام، والإحياء بهذه الطريقة وإن لم يكن مأثور في عهده صلى الله
عليه وسلم ولا في عهد السلف الصالح إلا أنه لا بأس به وسنة حسنة “Sunggung
barangsiapa menghidupkan malam Maulid Nabi Asy-Syarif dan
malam-malam-malam bulan yang mulya ini yang menerangi didalamnya dengan
cahaya Muhammadiy yaitu dengan berdzikir kepada Allah, bersyukur atas
nikmat-nikmat yang diberikan kepada umat ini termasuk dilahirkannya
makhluk terbaik (Nabi Muhammad) ke ala mini, dan tidak ada yang demikian
itu kecuali dengan sebuah akhlak dan kekhusuan serta menjauhi hal-hal
yang diharamkan, amalan bid’ah serta kemungkaran-kemungkaran. Dan
termasuk menampakkan kesyukuran sebagai bentuk kecintaan yaitu
menyantuni orang-orang tidak mampu, menjalin shilaturahim dan
menghidupkan dengan cara ini walaupun tidak ada pada zaman Rasulullah
shallallahu ‘alayhi wa sallam dan tidak pula ada dimasa salafush shaleh
adalah tidak apa-apa serta termasuk sunnah hasanah” [25]
Pendapat Asy-Syekh Muhammad Mutawalla Asy-Sya’rawiy Rahimahullah,
قال
الشيخ محمد متولي الشعراوي رحمه الله تعالى وإكراماً لهذه المولد الكريم،
فإنه يحق لنا أن نظهر معالم الفرح و الابتهاج بهذه الذكرى الحبيبة لقلوبنا
كل عام، وذلك بالاحتفال بها من وقتها “Melakukan penghormatan untuk Maulid
yang mulya ini, maka sesungguhnya itu hak bagi kita untuk menampakkan
kegembiraan dan ..[26]
Pendapat Al-Imam Ibnu Hajar Al-Haitsamiy Rahimahullah,
قد
قال ابن حجر الهيثمي رحمه الله تعالى والحاصل أن البدعة الحسنة متفق على
ندبها، وعمل المولد واجتماع الناس له كذلك، أي بدعة حسنة “walhasil,
sesungguhnya bid’ah hasanah itu selarasa dengan sebuah kesunnahan, dan
amal Maulid Nabi serta berkumpulnya manusia untuk memperingati yang
demikian adalah bid’ah hasanah” [27]
Pendapat Al-Imam Al-Hafidz Al-Qasthalaniy Rahimahullah,
فرحم
الله امرءا اتخذ ليالي شهر مولده المبارك أعيادا، ليكون أشد علة على من في
قلبه مرض وإعياء داء “maka Allah akan memberikan rahmat bagi orang-orang
yang menjadian Maulid Nabi yang penuh berkah sebagai perayaan…”[28]
الإمام
القسطلاني ت 922 هـ من جواز الاحتفال بالمولد النبوي بما هو مشروع لا منكر
فيه، واستشف هذا الجواز من حديث البخاري في باب الجنائز من كون أبى بكر
الصديق تمنى الموت في هذا اليوم لكونه اليوم الذي ولد فيه الرسول صلى الله
عليه وسلم و فيه توفي “sebagain dari kebolehan merayakan Maulid Nabi
Nabawi dengan perkara yang masyru’ (disyariatkan) bukan dengan
kemungkaran, [29]
Pendapat Al-Imam Al-Alusiy dalam kitab tafsirnya,
ما
استنبطه الألوسى من تفسير قول الله تعالى "قل بفضل الله و رحمته فبذلك
فليفرحوا" الآية 58 يونس. فالرسول صلى الله عليه وسلم رحمة كما قال عز و جل
"وما أرسلناك إلا رحمة للعالمين" الآية 107 الأنبياء. و كما جاء في
الحديث: "إنما أنا رحمة مهداة" رواه الحاكم في مستدركه عن أبى هريرة. فوجب
من هنا الاحتفال و الفرح بهذه الرحمة “Firman Allah, “Katakanlah: "Dengan
kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira”
(Yunus : 58), dan Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam adalah rahmat
sebagaimana yang di firmankan Allah ‘azza wa jallah, “Dan tiadalah Kami
mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam”,
sebagaiman juga didalam hadits, “sesungguhnya aku adalah rahmat yang
dihadiahkan Allah” (riwayat Imam Hakim dalam ktab Mustadraknya dari Abu
Hurairah), maka wajib bagi sebagian dari kita untuk merayakannya dan
bergembira dengan rahmat ini” [30]
Pendapat Al-‘Allamah Asy-Syekh Ahmad Zaini Dahlan, mantan Mufti Madzhab Syafi’iyyah di Mekkah,
العادة
أن الناس إذا سمعوا ذكرى وضعه صلى الله عليه وسلم يقومون تعظيما له صلى
الله عليه وسلم و هذا قيام مستحب لما فيه من تعظيم النبي صلى الله عليه
وسلم، و قد فعل ذلك كثير من علماء الأمة الذين نقتدي بهم “Kebiasaan
manusia ketika disebut tentang Nabi shallallahu ‘alayhi wa sallam
berdiri untuk menghormati beliau dan berdiri ini disunnahkan untuk
menghormati Nabi, dan sungguh telah banyak ulama kaum Muslimin yang
melakukan seperti yang demikian”’ [31]
Pendapat Al-'Allamah As-Syekh As-Sayyid Muhammad Ibnu Alwi Al-Maliki Al-Hasaniy Rahimahullah,
إننا
نرى أن الاحتفال بالمولد النبوي الشريف ليست له كيفية مخصوصة لابد من
الالتزام أو إلزام الناس بها ، بل إن كل ما يدعو إلى الخير ويجمع الناس على
الهدى و يرشدهم إلى ما فيه منفعتهم في دينهم ودنياهم يحصل به تحقيق
المقصود من المولد النبوي ولذلك فلو اجتمعنا على شئ من المدائح التي فيها
ذكر الحبيب صلّىالله عليه وسلّم وفضله وجهاده وخصائصه ولم نقرأ القصة التي
تعارف الناس على قراءتها واصطلحوا عليها حتى ظن البعض أن المولد النبوي لا
يتم إلا بها ، ثم استمعنا إلى ما يلقيه المتحدثون من مواعظ وإرشادات وإلى
ما يتلوه القارئ من آيات “Kami memandang sesungguhnya memperingati Maulid
Nabi yang mulya itu tidak mempunyai bentuk-bentuk yang khusus yang mana
semua orang harus dan diharuskan untuk melaksanakannya. Akan tetapi
segala sesuatu yang dilakukan, yang dapat menyeru dan mengajak manusia
kepada kebaikan dan mengumpulkan manusia atas petunjuk (agama) serta
menunjuki mereka kepada hal-hal yang membawa manfaat bagi mereka, untuk
dunia dan akhirat maka hal itu dapat digunakan untuk memperingati Maulid
Nabi, Oleh karena itu andaikata kita berkumpul dalam suatu majelis yang
disitu dibacakan puji-pujian yang menyanjung Al-Habib (Sang Kekasih
yakni Nabi Muhammad), keutamaan beliau, jihad (perjuangan) beliau, dan
kekhususan-kekhususan yang berada pada beliau ; lalu kita tidak membaca
kisah Maulid Nabi – yang telah dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat
dan mereka menyebutnya dengan istilah “Maulid” (seperti Maulid Diba’,
Barzanji, Syaraful Anam, Al-Habsyi, dan lain sebagainya), yang nama
sebagian orang menyangka bahwa peringatan Maulid Nabi itu tidak lengkap
tanpa pembacaan kisah-kisah Maulid tersebut- kemudian kita mendengarkan
mau’idzah-mau’idzoh (peringatan-peringatan), pengarahan-pengarahan,
nasehat-nasehat yang disampaikan oleh para ulama dan ayat-ayat al-Qur’an
yang dibacakan oleh seorang Qari" [32]
Lebih lanjut,
أقول
: لو فعلنا ذلك فإن ذلك داخل تحت المولد النبوي الشريف ويتحقق به معنى
الاحتفال بالمولد النبوي الشريف ، وأظن أن هذا المعنى لا يختلف عليه اثنان
ولا ينتطح فيه عنـزان "andaikan kita melakukan itu semua maka itu sama
halnya dengan kita membaca kisah Maulid Nabi yang Mulya tersebut dan itu
termasuk dalam makna memperingati Maulid Nabi yang Mulya. Dan saya
yakin bahwa peringatan yang saya maksudkan ini tidak menimbulkan
perbedaan serta adu domba antara dua kelompok"[33]
Demikianlah yang bisa kami sebutkan mengenai fatwa-fatwa dan pendapat-pendapat ulama-ulama besar nan agung Kaum Muslimin, masih banyak fatwa ulama lainnya yang dituturkan dalam kitab mereka seperti fatwa al-‘arif billah Abu Abdullah Muhammad bin Ibad, Asy-Syekh DR. Asy-Syarbasiy, Al-Imam Taqiyuddin As-Subki, Asy-Syekh Rasyid Ridla, Al-Imam Al-Wansyarsiy termasuk juga Imam Ibnu Taimiyah rahimahullah * dan lain sebagainya. Semoga Allah senantiasa menjaga kita dari tipudaya para penipu yang senantiasa mengincar umat Islam untuk dijauhkan dari ulama yang benar-benar mumpuni, yang lebih paham akan agama ini. Amin..!!! والله سبحانه وتعالى أعلم Abdurrohim ats-Tsauriy Catatan Kaki : 1. Kitab I’anah Thalibin (Syarah Fathul Mu’in) Juz. 3 hal. 415, karangan Al-‘Allamah Asy-Syekh As-Sayyid Al-Bakri Syatha Ad-Dimyathiy. Darul Fikr, Beirut – Lebanon. 2. Ibid, hal. 415. 3. Kitab Madarijus Su’uud hal. 16, karangan Al-‘Allamah Asy-Syekh An-Nawawiy Ats-Tsaniy (Sayyid Ulama Hijaz) 4. Kitab I’anah Thalibin (Syarah Fathul Mu’in) Juz. 3 hal. 415, karangan Al-‘Allamah Asy-Syekh As-Sayyid Al-Bakri Syatha Ad-Dimyathiy. Darul Fikr, Beirut – Lebanon. 5. Ibid, hal. 415. 6. Ibid, hal. 416 ; kitab As-Sirah Al-Halabiyah (1/83-84) karangan Al-Imam ‘Ali bin Burnahuddin Al-Halabiy. 7. Kitab I’anah Thalibin (Syarah Fathul Mu’in) Juz. 3 hal. 415, karangan Al-‘Allamah Asy-Syekh As-Sayyid Al-Bakri Syatha Ad-Dimyathiy. Darul Fikr, Beirut – Lebanon. 8. Ibid, hal. 415 ; kitab Anwarul Muhammadiyah hal.20, karangan Al-‘Allamah Asy-Syekh Yusuf An-Nabhaniy. Darul Kutub Al-Ilmiyyah, Beirut – Lebanon. 9. Ibid, hal. 415. 10. Kitab Husnul Maqshid fi Amal Maulid, karangan Al-Imam Al-Hafidz Jalaluddin As-Suyuthiy 11. Ibid. 12. Ibid. 13. Tercantum dalam kitab Al-Ajwibah al-Mardliyyah ; Kitab I’anah Thalibin (Syarah Fathul Mu’in) Juz. 3 hal. 415, karangan Al-‘Allamah Asy-Syekh As-Sayyid Al-Bakri Syatha Ad-Dimyathiy. Darul Fikr, Beirut – Lebanon ; kitab As-Sirah Al-Halabiyah (1/83-84) karangan Al-Imam ‘Ali bin Burnahuddin Al-Halabiy 14. Ibid. 15. Kitab Husnul Maqshid fi Amal Maulid, karangan Al-Imam Al-Hafidz Jalaluddin As-Suyuthiy. 16. Ibid ; kitab Al-Hawi Al-Fatawi hal. 189, karangan Al-Imam As-Suyuthiy ; kitab I’anatut Thalibin Juz 3 Hal. 415 , karangan Al-‘Allamah Asy-Syekh As-Sayyid Al-Bakri Syatha Ad-Dimyathiy. Darul Fikr, Beirut – Lebanon ; Tuhfatul Muhtaj (تحفة المحتاج في شرح المنهاج) pada fasal (فَصْلٌ فِي وَلِيمَةِ الْعُرْسِ) karangan Al-Imam Ibnu Hajar Al-Haitamiy. 17. Kitab Husnul Maqshid fi Amal Maulid, karangan Al-Imam Al-Hafidz Jalaluddin As-Suyuthiy. 18. Ibid. 19. Kitab I’anatut Thalibin Juz 3 Hal. 415 , karangan Al-‘Allamah Asy-Syekh As-Sayyid Al-Bakri Syatha Ad-Dimyathiy. Darul Fikr, Beirut – Lebanon. 20. Ibid. ; Kitab Al-Wasail fiy Syarh Al-Masaail lis-Suyuthiy 21. Kitab Al-Madhkal, karangan Al-Imam Ibnu Al-Hajj jilid.1 hal. 261 22. Ibid. 23. Kitab Ad-Durar As-Saniyyah (الدرر السنية) hal. 190. 24. Kitab Syarah ‘Alaa Maulid Al-Imam Ibnu Hajar. 25. Kita Fatawa Syar’iyyah (1/131) 26. Kiab ‘Alaa Maidah Al-Fikr Al-Islami (على مائدة الفكر الإسلامي) hal. 25. 27. Pendapat Imam Ibnu Hajar Al-Haitsamiy 28. Kitab Mawahid Al-Ladunniyah (1/148) –Syarh ‘alaa Shahih Bukhari-, karangan Al-Imam AL-Qasthalaniy 29. Ibid. 30. Kitab Tafsir Al-Imam Al-Alusiy 31. Lihat : Sirah An-Nabawiyah wa Atsar al-Muhammadiyah, catatan pinggir As-Sirah Al-Halabiyah . 32. Kitab Haulal Ihtifal Bidzikri Al-Maulidin Nabawi Asy-Syarif. 33. Ibid. *. Mengenai pendapat Imam Ibnu Taimiyah terdapat dalam kitab Iqthidha’ Shirathal Mustaqim dan perlu penjelasan lebih rinci. Secara garis besar, Imam Ibnu Taimiyah tergolong ulama yang sangat ketat dan tidak mentolerir perbedaan apapun. Beliau bukanlah wahabi (sekte yang dinisbatkan kepada Syekh Muhammad bin Abdul Wahab rahimahullah). Mengenai perayaan yang disyariatkan, menurut beliau wajib mengambilnya, namun mengenai hari-hari istimewa seperti hari kemenangan perang badar, perang Hunain, kemenangan pada perang Khandak, hari Fathul Mekkah dan sebagainya, menurut beliau tidak wajib diambil, demikian juga Maulid Nabi, namun merayakannya akan mendapatkan pahala disisi Allah amin....//Ahmad fuadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar